Ricahyap Terbaru

3 June 2017

Ngabuburit Sambil Main Ludo King

Ramadhan dan puasa. Bisa jadi ada ritual penting yang harus dilakukan anak muda untuk menahan lapar. Entah itu dengan tidur seharian, menjalankan aktivitas organisasi, atau bermain.

Kali ini saya dikenalkan dengan permainan lawas 90an. Kalo dulu mainnya itu di kertas selembar, plus dadu, ngga lupa sama orang-orangannya. Sekarang, karena jaman serba teknologi, permainan ini dimainkan pada ponsel pintar seperti smartphone iOS atau Android.

ludoking
Ludo King via https://ludoking.com/
Pasti kebayang dong perbedaannya gimana? Yang mode lawas itu kita harus ngocok, beneran ngocok dadu. Kalo yang modern ini tinggal klik, jalan sendiri dia. Huweh. We are a boss.

Tentunya keduanya baik yang dulu maupun yang modern sama-sama diperlukan strategi dan taktik khusus untuk memainkannya. Meskipun mainnya untung-untungan, seperti mengadu nasib, namun tetap perlu kewaspadaan dalam memainkannya.

Cara memainkan permainan ini cukup sederhana. Hanya dengan menekan gambar dadu pada layar ponsel, dan berusaha mengeluarkan dadu bernilai 6 untuk bisa memberangkatkan pasukan dari markasnya. Setelah itu berusaha untuk mencapai puncak kejayaan.

Sederhananya permainan ini seperti kejar-kejaran dan perang anak kecil. Ada dimana jika orang-orangan kita menempati tempat yang sama maka orang yang pertama di kolom tersebut harus kembali ke markas. Memang menjengkelkan, tapi disitulah kita harus menentukan strategi jitu untuk memenangkannya. Itulah titik ke-rameannya.

Masing-masing pemain memiliki warna yang berbeda pada papan permainan mereka. Ada warna biru, merah, hijau, dan kuning. Itulah warna umumnya.

Supaya lebih menarik, kita ibaratkan warna-warna tersebut adalah warna yang mewakili partai-partai besar yang ada di Indonesia. Biru untuk Demokrat, kuning untuk Golkar, merah untuk PDIP, dan hijau untuk PPP.

Ciptakan komunikasi antar setiap pergerakan seperti istilah-istilah dalam politik. Bisa jadi ini akan menambah pecahnya suasana dan lapar bisa saja hilang.

Misalnya.

Ya! Demokrat mulai mengusung nama calon gubernur untuk daerah Jaya pura. Disusul oleh PDIP dan PPP yang menyatakan berkoalisi untuk menggulingkan suara Golkar bung! Namun apa yang terjadi, kursi yang tersedia penuh dan Demokrat harus kembali lagi ke rumah, sayang sekali. Wkwk.

dan seterusnya.

Permainan ini bisa juga dimainkan sama orang yang lagi jones, karena ada fitur mainkan bersama komputer atau main online dengan pemain dari seluruh dunia. Wich is ini keren banget. So, apa lagi yang kamu tunggu, segera download di google play sekarang juga.

Yapper, sudahkah kamu puasa full hari ini?

1 June 2017

Penanaman Nilai-nilai Pancasila Melalui Seni dan Budaya

pancasila
Pancasila via https://jabarnews.com

Tepat pada tanggal 1 Juni 2017 hari ini, diperingati sebagai hari pancasila. Sekolah pun diliburkan. Namun pemerintah mendorong diadakannya kegiatan yang di dalamnya memuat nilai-nilai pancasila.

Era modern sekarang ini memang seharusnya bangsa kita lebih cinta akan ideologi bangsanya sendiri. Bukan untuk pajangan, namun sebagai landasan tentu harus terealisasikan dengan baik.

Tadi pagi saya menghadiri seminar Pancasila oleh Dr. Hj. Chusna Arifah M.Pd.I. yang menekankan bahwa, di era globalisasi sekarang ini, sebagai bangsa yang mempunyai sejarah, harus memiliki kekuatan penuh dalam menghadapi dunia yang karut marut dipenuhi dengan berbagai macam polemik.

Menurutnya, upaya-upaya yang harus dilakukan untuk mewujudkan ideologi bangsa dan cita-citanya ini adalah dengan menghilangkan budaya negatif dalam diri kita, memiliki komitmen yang tinggi dalam mencapai tujuan, selalu menjunjung tinggi kebersamaan, dan loyal terhadap bangsanya sendiri, guna membangun bangsa yang lebih maju dan disegani.

"Banyak sekali nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila yang harus ditanamkan, yang mana semua warga negara Indonesia harus bahkan wajib memiliki sifat-sifat yang ada pada pancasila, diantara nilai-nilai itu ialah nilai ketaqwaan, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan, dan keadilan." Pungkasnya dalam acara seminar Pancasila di Pondok Pesantren Darussalam Ciamis.

Berkaitan dengan judul di atas, dalam menanamkan nilai kepancasilaan pada setiap orang tentu bukan hal yang gampang dilakukan. Oleh karena itu perlu adanya suatu cara untuk memfasilitasi agar pancasila bisa masuk dengan mudah kepada setiap orang, khusunya yang tinggal dan menetap sebagai warga negara Indonesia. Salah satu cara itu adalah dengan seni dan kebudayaan lokal.

Cak Imin, Ketua Umum PKB lewat wawancaranya dengan salah satu media mengatakan bahwa penanaman nilai-nilai pancasila tidak harus dilakukan dengan cara tekstual atau monolog, melainkan dengan cara dialog.

Beliau mengatakan, sebagai bentuk penanaman nilai-nilai pancasila bisa dilakukan melalui kesenian dan budaya. Karena seni sebagai karya, yang mampu menyentuh bukan hanya pikiran tapi hati.

Efektifnya, dengan seni akan membuat anak muda, khususnya remaja, terdorong untuk mengenal lebih jauh arti dari pancasila. Seni yang menarik dan asik tentunya akan membuat para pemuda lebih mudah untuk diarahkan supaya cinta negerinya juga mengenal ideologi bangsanya.

Pada dasarnya menanamkan nilai-nilai pancasila bisa melalui apa saja, tidak hanya dengan seni atau budaya saja. Melalui pendidikan di sekolah pun memang harus sudah diterapkan bagaimana mengaplikasikan nilai-nilai pancasila dalam menjalani keseharian dan bergaul dengan sesama. Sehingga, dengan demikian akan tercipta bangsa yang luhur dan sebagai bangsa yang berpancasila.

Selamat hari pancasila sodara, sudahkan kita jadi orang Indonesia?

31 May 2017

3 Menu Makan Sahur Sederhana Tapi Menyehatkan

Sahur merupakan salah satu rangkaian puasa. Mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Sebelum terbitnya fajar, imsak, lalu adzan subuh, disitulah waktunya untuk bersahur.

Bulan Ramadhan ini memang sangat mulia. Penuh rahmat dan ampunan. Bagi umat Islam sendiri, puasa merupakan sebuah ibadah yang sangat bernilai tinggi. Tidak hanya menahan lapar, dahaga, dan nafsu, juga diharuskan untuk selalu berbuat kebaikan. Indah sekali.

Kali ini saya akan memberikan daftar menu sahur yang sederhana, namun menyehatkan. Terutama bagi kamu yang sedang melaksanakan puasa di bulan suci Ramadhan, tentunya membutuhkan asupan gizi yang sehat dan sempurna. Berikut adalah menu sahur sederhana, namun menyehatkan versi Ricahyap.

Tahu dan Tempe
Meskipun makanan ini sangat sederhana dilihat dari kacamata siapapun, namun jangan salah, tahu merupakan makanan yang tinggi akan gizi. Begitupun dengan sahabat karibnya tempe.

tahu tempe
Tahu dan Tempe via http://restojambon.com
Makanan khas Indonesia banget ini, kalo dijadikan menu makan sahur, dapat dipastikan kamu orang Indonesia Banget. Kalo sudah tahu makanan ini sangat sehat, mengapa tidak untuk dijadikan menu pada saat sahur nanti. Cintailah makan-makanan Indonesia!

Capcay dulu coy
Terdengar mengada-ngada bukan? Tentu saja tidak. Bilamana gizi yang baik itu harus memenuhi diantaranya protein, kalsium, dan vitamin. Capcay sepertinya terdengar memiliki itu.

Kandungan pada sayur-sayuran, tinggi akan serat dan berguna untuk melancarkan metabolisme pencernaan dalam tubuh. Apalagi pada saat berpuasa, jika kita sulit untuk mencerna makanan, akan berdampak pada sakit perut dan mengganggu kekhusukan kita saat berpuasa.

capcay
Capcay via http://qudapan.blogspot.co.id
Pada capcay, setidaknya wajib adanya brokoli. Brokoli ini merupakan jenis sayuran peringkat pertama dalam jenis sayuran paling bergizi di dunia. Selain brokoli, pada capcay ada juga wortel, yang tinggi akan vitamin A. Uncheh banget kan?

Belum lagi sayur-sayuran lainnya yang tercampur dalam satu wadah yang diolah sehingga dinamakan capcay. Mungkin ini salah satu menu sahur yang paling saya rekomendasikan di bulan suci ramadhan kali ini.

Ayam bakar dan susu
Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata ayam? Bukankah semua orang di dunia ini sangat begitu tergila-gila sama yang namanya ayam, apalagi dibakar, biasanya kan digoreng, atau disayur.

Huweh. Meskipun ada beberapa orang yang tidak biasa memakan daging ayam karena alergi atau memang suatu hal. Sangat disayangkan ya mereka tidak bisa menikmati makanan luar biasa ini.

ayam
Ayam Bakar via http://www.reseptante.com
Selain sumber protein dan zat besi, ayam alias daging ayam ini memiliki vitamin dan lemak yang dibutuhkan tubuh dan tubuh kita butuh itu semua, ingat, asal kamu tau aja. Hidup ayam!

Adanya protein itu untuk membentuk jaringan baru, vitamin untuk sistem syaraf, zat besi untuk meningkatkan produksi sel darah, dan lemak tentunya untuk menambah energi. Keren banget kan si ayam ini?

susu
Susu via http://www.sinarharapan.co
Sebagai tambahan, minumlah susu setiap sahur agar menambah semangat, kalo bisa sih susu kambing, dan tahukah kamu? Susu sendiri yang kaya akan kalsium ini sangat berguna untuk pertumbuhan tulang kita. Pengen kan punya tulang kuat? Makanya minum susu. Ini bukan iklan ya. Wkwk

Menurut beberapa pakar per-susuan, susu kambing lebih kaya kalsium dan mudah dicerna dibanding susu sapi. Bahkan orang yang alergi terhadap susu sapi pun bisa meminum susu kambing sebagai alternatif. Tentu saja keduanya sama-sama susu dan baik untuk diminum. So, are you ready for get healthy every day?

8 October 2016

Kurang motivasi? Kunjungi 7 situs website berikut ini!

website motivasi



Hari ini, saya akan menunjukan beberapa situs motivasi yang akan membangkitkan kembali semangat juga untuk menambah inspirasi, dan berikut adalah 7 situs website yang cocok untuk kamu yang sedang kekurangan motivasi:

JagoKata.com

jagokatadotcom
Jago kata dot com merupakan situs yang bisa membuat hidup ini penuh dengan kata-kata inspiratif dan berwarna dari berbagai kalangan tokoh penomenal seperti Nelson Mandela, Soekarno, sampai budayawan seperti Sujiwo Tejo.

Dengan tampilan yang simple, tidak ribet, dan menyenangkan mata, situs jebolan anak bangsa ini mampu membuat pembacanya termotivasi seperti sedang dinasihati oleh seorang tokoh ternama.

KutipKata

kutipkata

Selanjutnya di deretan situs motivasi, ada situs web yang bernama KutipKata. Salah satu yang disajikan dalam situs ini hampir sama dengan jago kata dot com.

Namun dari segi tampilan lebih elegan dan mudah digunakan. Keunikan dari situs ini adalah dua bahasa yang ditawarkannya, yakni Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Lumayan buat nambah vocab.

Hipwee

hipwee


Kisah inspirasi, kesehatan, kecantikan, dan topik menarik lainnya bisa kamu temukan di situs website yang satu ini. Hipwee.

Selain tampilannya yang menarik, bahasannya pun mudah dipahami dan unik. Cocok untuk kamu yang kekurangan motivasi dalam menjalankan kegiatan yang menjengkelkan. Recomended banget, salah satu website yang saya favoritkan.

Kamu juga diperbolehkan untuk menulis artikel disana dengan cuma-cuma, tentunya harus sesuai dengan topik yang dibahas di situs tersebut, dan sebelumnya kamu diharuskan untuk daftar terlebih dahulu.

Motivasi Islami

Motivasi Islami

Motivasi Islami menawarkan beberapa e-book yang akan membimbing kamu ke zona sukses secara gratis. Menarik bukan? Ada banyak pula artikel motivasi, kisah inspiratif, dan segala hal yang terkait dengan bagaimana agar kamu bisa memasuki zona sukses dan berbagai macam cara untuk mendapatkan kesuksesan.

Kisah Inspirasi dan Motivasi

Kisah Inspirasi dan Motivasi


Kisah Inspirasi dan Motivasi merupakan salah satu website khusus bagi kamu yang tidak suka dengan penjelasan yang rumit. Melalui kisah, motivasi akan sangat mudah didapat.

Ada banyak sekali pelajaran dan motivasi yang bisa didapat dari kisah dan tentunya inilah web yang wajib kamu kunjungi.

Aku Ingin Sukses

Aku Ingin Sukses
Selanjutnya ada Aku Ingin Sukses. Ya, bagi kamu yang ingin sukses, situs ini menjadi pilihan yang tepat. Karena akan ada banyak tips yang bisa kamu temukan disini. Lengkap dengan penjelasannya.

Google Indonesia

google

Benar sekali, dari ke-6 situs sebelumnya bisa kamu search disini secara gratis, mudah, cepat, dan lengkap. Kurang motivasi? Cari solusinya semua di google.

26 August 2016

Kepanjangan dari e.g., etc., sq., i.e., a.m., p.m., Ltd., dan Inc.?

Kepanjangan dari e.g., etc., sq., i.e., a.m., p.m., Ltd., dan Inc.?

Singkatan atau akronim merupakan bentuk kata atau kalimat yang dipendekan menjadi hanya beberapa huruf saja. Sehingga orang menyebutnya kepanjangan, karena berasal dari kata yang disingkat. Biasanya ditanyakan seperti ini "Kepanjangan dari ini tuh apa sih?"

Ada banyak bentuk singkatan di dunia penulisan. Seperti singkatan gelar, nama orang, sapaan, jabatan, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya dalam Bahasa Indonesia saja, termasuk beberapa bahasa seperti Inggris, Prancis, Spanyol, dan bahasa-bahasa lainnya, dan berikut saya akan mencoba menjawab, apa sih kepanjangan dari e.g., etc., sq., i.e., a.m., p.m., Ltd., dan Inc. yang lazim digunakan dalam Bahasa Inggris? Oke, next.

Kepanjangan dari e.g.
e.g. merupakan singkatan dalam Bahasa Inggris yang berasal dari Bahasa Latin 'Exempli gratia', dalam Bahasa Inggris berarti 'For example', kemudian dalam Bahasa Indonesia singkatan e.g. diartikan dengan “misalnya, contohnya, atau seperti”.

Contoh:
 I like to eat fruit, e.g. grapes and apples.
"Aku suka makan buah, seperti halnya anggur dan apel".

Kepanjangan dari etc.
Merupakan singkatan dari et cetera, artinya "dan lain-lain, dan sebagainya, dan seterusnya".

Contoh:
I buy fruit in mini market like apples, grapes, etc.
"Aku membeli buah di mini market seperti apel, anggur, dan lain-lain".

Kepanjanga dari sq.
sq. merupakan singkatan dari Square, yang artinya kuadrat atau sama dengan pangkat dua. Biasanya kamu sering menemukan kata ini dalam pelajaran matematika.

Contoh:
My father had a fish pond about 200 meters sq.
"Ayahku memiliki kolam ikan sekitar 200 meter kuadrat".

Kepanjangan dari i.e.
Kepanjangan dari it est, yang artinya "yaitu, adalah, atau yakni".
Saya ingatkan ya, singkatan ada karena untuk memudahkan dalam hal mengingat dan agar di dalam penulisan tidak terlalu panjang.

Contoh:
The favorite fruit of mine i.e. apple and mango.
"Buah favorit aku yaitu apel dan mangga".

Kepanjangan dari a.m.
a.m. singkatan dari Ante meridiem, yang berarti 'Before midday' atau "Sebelum tengah hari" biasa digunakan untuk menunjukan waktu dalam Bahasa Inggris. Biasnya mulai dari jam 12 malam sampai jam 12 siang.

Contoh:
09.00 a.m. = Pukul sembilan pagi

Kepanjanga dari p.m.
p.m. kebalikan dari a.m. singkatan dari post meridiem atau after midday yang berarti "Setelah tengah hari". Mulai dari jam 12 siang sampai 12 malam. Alright.

Contoh:
13.00 p.m. = Pukul satu siang

Kepanjangan dari Ltd.
Ltd. merupakan salah satu singkatan yang biasanya digunakan beberapa perusahaan yang mempunyai hak terbatas atau haknya dibatasi oleh perusahaan induk melalui beberapa perjanjian. Merupakan singkatan dari Limited Company (Ltd. atau co.) yang artinya itu sendiri adalah "Perseroan terbatas".

Contoh:
Nama Perusahaan, Ltd. atau Nama Perusahaan, co. Ltd.

Kepanjangan dari Inc.
Terakhir yang akan kita bahas adalah Inc. sebuah singkatan dari  Incorporation yang memiliki arti "Penggabungan"; adalah salah satu perusahaan baru dari Corporation. Maknanya sedikit mirip, hanya berbeda dalam praktiknya.

Misalnya seperti ini, jika Corporation yang mempunyai saham maka penjualannya tidak dilakukan secara bebas.

Sedangkan Incorporation penjualannya bebas, dikarenakan pemiliknya bersifat Transferable atau bisa dipindah tangankan kepihak lain dan tidak serumit Corporation. Contohnya Apple Inc.

16 May 2016

Apa Penyebab Seseorang Sering Lupa?

Pernahkah kamu melupakan sesuatu, baik itu benda seperti kunci, pensil, balpoint, dan benda-benda lainnya? Sudah mencari kemana-mana, namun hasilnya tetap tidak ada. Kejadian seperti ini pastinya bisa bikin kesel, emosi, sampai stres.

Lupa merupakan penyakit, apalagi jika hal ini menimpa kepada yang sudah lanjut usia, bisa dibilang sih pikun. Namun jika penyakit ini menimpa kamu yang masih muda, pastinya jadi pertanyaan besar, kok bisa? Berikut saya telah merangkum beberapa penyebab seseorang sering lupa, juga cara untuk mengatasinya.

Apa Penyebab Seseorang Sering Lupa?

Kurang Tidur
Kurang tidur merupakan salah satu penyebab yang membuat ingatan kita sedikit kabur, karena dengan kurangnya mengistirahatkan tubuh berdampak pada kinerja otak yang tadinya optimal menjadi menurun drastis. Alright.

Akibat lainnya adalah hilangnya fokus, semangat, dan tidak bergairah dipagi hari. Oleh sebab dari pada dampak buruknya ini, diharapkan kamu lebih cepat tidur, maksimal tidur tepat di 22.00, sehingga pagi harinya fresh dan bangun lebih cepat.

Banyak Pikiran
Seperti halnya gelas yang penuh diisi air. Jika pikiran kita terlalu banyak memikirkan sesuatu sampai tidak bisa menampungnya dengan baik. Maka yang terjadi adalah bukan menambahnya informasi, namun hanya akan mengikis informasi yang ada.

Nah, itulah yang menyebabkan kita lupa akan sesuatu yang mudah, karena tertimpa hal yang lebih sulit. Karena itu, jangan bebani pikiran kamu dengan berbagai macam hal yang membuat berpikir keras.

Diet yang Berlebihan
Kebanyakan orang ingin mempunyai postur yang ideal layaknya artis di tv-tv. Mulai dari melakukan olahraga rutin, makanan bernutrisi, sampai diet yang menyiksa diri. Namun tahukah kamu? Diet yang berlebihan seperti hanya makan sayur atau buah-buahan saja tanpa menambah asupan yang lain. Sehingga apa yang akan terjadi?

Diet yang berlebihan bisa menyebabkan kurangnya vitamin yang penting dan gizi yang baik bagi tubuh, selain itu kekurangan vitamin dan nutrisi pun bisa menimbulkan hilangnya ingatan sementara, untuk itu dietlah yang teratur dan seimbang. Jangan sampai gara-gara ingin kurus malah napas terhembus.

Alkohol dan Narkoba
Pengaruh yang namanya alkohol dan narkoba sudah tidak harus saya jelaskan panjang lebar. Lebih lagi kamu pun sudah mengetahui dampak negatif yang akan membuat orang yang mengonsumsinya tidak sadar atas apa yang terjadi sebelumnya.

Selain itu fungsi otak akan melemah, karena sel dan jaringan pada otak dirusak oleh zat yang terkandung di dalam alkohol maupun narkoba itu sendiri, sehingga kinerja otak menjadi tidak berjalan dengan semestinya. Maka janganlah sekali-kali kamu menyentuh barang biadab yang satu ini. Sayangi diri dan kamu harus tahu bahwa sehat itu mahal.

Benturan pada kepala
Sesekali benturan pada kepala bisa berakibat fatal seperti hilangnya ingatan. Bukan hanya itu, terbenturnya kepala berkali-kali akan membuat kita sering lupa bahkan amnesia. Untuk itu hindarilah kegiatan yang membahayakan kepala, seperti bercanda yang berlebih dan hal-hal lain yang dapat membuat kita terbentur sesuatu.

Penyakit Alzheimer
Alzheimer adalah penyakit yang biasanya diderita oleh orang yang sudah lanjut usia. Penyakit ini lambat-laun menguras memori sehingga menghilangkan ingatan.

Orang yang mengidap penyakit alzheimer biasanya akan merasa mudah cemas, sensitif, dan kacau pikirannya. Selain itu, alzheimer akan membuat penderita menjadi gampang lelah karena berusaha mengingat apa yang terjadi dalam kehidupannya.

Masih berlanjut. Dimana ada penyakit disitu ada obat. Nah, sekarang bagaimana cara mengatasi itu semua? Berikut adalah cara mengatasi penyakit lupa:

Makan Makanan yang Sehat dan Bergizi
Kunci dari semuanya adalah kesehatan, kesehatan datangnya dari makanan yang baik. Maka konsumsilah makanan yang bergizi dan bernutrisi, supaya terciptanya pola hidup yang sehat. Jika nutrisi setiap hari sudah terpenuhi, maka kinerja otak pun akan maksimal, tubuh bugar, dan tidak akan banyak lupa.

Istirahat yang Cukup
Tuhan menciptakan siang untuk bekerja dan malam untuk istirahat, maka jangan banyak bergadang dan istirahatlah yang cukup, karena tubuh perlu istirahat selepas menjalankan aktivitas seharian.

Konsumsi Vitamin E
Vitamin E mampu meningkatkan kinerja otak. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin E seperti kacang-kacangan.

Olahraga yang Rutin
Tubuh butuh digerakan, maka berolahraga secara rutin merupakan salah satu cara efektif yang bisa memperlancar peredaran oksigen yang mengalir ke dalam otak.

Otak memerlukan oksigen yang cukup agar optimal fungsi dan kinerjanya. Dengan olahraga rutin dan teratur juga bisa membantu pertumbuhan sel-sel baru dalam otak.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Choline
Choline mampu meningkatkan daya ingat dan daya pikir. Konsumsilah makanan yang mengandung choline seperti hati ayam, telur, dan kedelai.

Milikilah Catatan
Jika kamu memang pelupa, maka kamu harus mempunyai catatan, catatan membantu kamu agar selalu ingat pada apa-apa yang sekiranya penting dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Meletakan Benda di Tempat yang Sama
Meletakkan benda pada tempat yang sama dapat membantu kamu menghindari penyakit lupa. Coba misalnya gantungkan kunci di tempat yang sama setelah memakai motor.

Asah Otak
Kamu bisa melatih otak dengan cara bermain game ataupun membaca buku. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan kinerja otak untuk mengingat apa yang dilihat, didengar, dan dilakukan.

Lupa memang mengganggu. Jika tidak segera ditemukan apa penyebabnya, maka akan sangat sulit untuk mengatasinya. Fokuslah dan cari solusi tepat yang memungkinkan kamu untuk bisa mengatasinya dengan baik.