Ricahyap Terbaru

22 February 2017

Persiapan Menuju UN

Persiapan Menuju UN
Setelah sekian lama melawat di dunia pendidikan selama kurang lebih 12 tahun. Aku akhirnya menuju puncak kejayaan juga. SMA. Ya, masa-masa dimana semua pengaruh internal-eksternal masuk kedalam diri aku pribadi. Sejak di SMA ini pula, aku mengalami tekanan yang bertubi-tubi, beban tanggung jawab, tugas segala macem, dan hubungan dengan cewek yang bikin ogah buat dibahas. Inilah Daily Life Ricahyap.

Berawal dari sebuah keinginan, cita-cita, dan cinta. Mulailah aku tertarik untuk belajar lebih giat, untuk mencapai pendidikan yang lebih tinggi, karena menurut hemat aku, semakin tinggi pendidikan yang kita memiliki, tarap kehidupan kita kedepannya akan lebih baik dan sempurna. Yokizs.

Hari demi hari terus berjalan sampe akhirnya masuk yang namanya SMA. Aku kira pergantian dari SMP menuju SMA akan semakin mudah, namun pada kenyataannya jauh berbanding terbalik dengan apa yang ada di kepala kita. SMA jauh lebih sulit dan jauh lebih menantang dibanding masa-masa SMP. Baik tantangan dari luar maupun dari dalam, diri aku sendiri. Pencapaian yang, ya sesuai standar minimumlah.

Namun pada akhirnya, sejalan dengan usaha dan keinginan, aku akhirnya bisa melewati semua itu. Tugas, organisasi, masalah teman, tidak betah -karena kehidupan aku ada di asrama-, dan lain sebagainya. Hingga akhirnya sampai pada titik puncak yaitu Ujian Nasional atau yang sekarang disebut dengan UNBK. Ya, Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Mungkin angkatan aku adalah angkatan super, 1999/1998. Dimana segala macem permasalahan kita hadapi dengan penuh drama. Mulai dari kerusuhan di tahun kelahiran kita sendiri 1998, UN dipaket pas SMP, kelinci percobaan kurikulum 2013 yang bikin mumet, dan sekarang yang paling update adalah UNBK, ujian online yang dilaksanakan diseluruh sekolah di Indonesia. Waw, that's amazing. But, it's okey, I'll fight it. Haha. Next.

Ngomong-ngomong soal UN yang sekarang lagi hits. Menurut aku sih, asik-asik aja ujian sekarang dilaksanakan secara online. Bahkan jadi lebih efisien dan menghemat waktu. Secara, UN sekarang lebih canggih dan lebih otomatis terindeks, alias gampang diperiksanya kalo udah selesai mengerjakan soal, kan langsung muncul tuh nilai kita. Keren-keren gimana gitu.

Tapi disisi lain, masih banyak kendala dalam ujian kali ini, salah satunya adalah persiapannya. Ya, persiapan -yang mungkin hampir seluruh siswa SMA merasakan bagaimana persiapannya yang masih belum mateng. Karena yang aku liat, masih banyak juga yang mengeluh ini-itu, termasuk aku pribadi.

Untuk menangani kendala ini, aku mulai mencoba belajar, baik online maupun secara konvensional, ya apalagi kalo bukan baca buku. Itulah yang terpenting. Dalam sebuah persiapan, kudu ada yang namanya target pencapaian, makanya harus diingat, membahas kisi-kisi dalam UN itu penting. Itulah salah satunya.

Persiapan pertama, niat yang sungguh-sungguh dalam belajar. Fokus, jangan ngawur kemana-mana. That's my point.

Kedua, melihat kembali materi yang telah usang, download kembali software yang telah rusak untuk menghidupkan kembali otak kita yang telah mati. Dalam artian pikiran dan jiwa kita harus hadir dalam usaha menghadapi ujian yang berat ini. Tolong hambamu ini ya Allah. T.T

Ketiga, usahakan rileks, jangan panik. Jadilah pelopor kesantaian dalam bersikap. Lakukan apa yang ingin kamu lakukan, tidak usah lebay karena sekarang kita mau ujian, makan jadi kelewat karena menghafal pelajaran yang gabakalan kehafal dalam satu malem, artinya siapkan jauh-jauh hari. Itu, super sekali.

Terakhir, ingatlah untuk selalu berusaha sebelum mencoba, serahkan di akhir usaha kita kepada Allah. Do the best, lakukan yang terbaik terlebih dahulu, barulah kita pasrah. Jangan kebalik.

Selain persiapan UN ini adalah sebagai ancang-ancang untuk masuk Perguruan Tinggi yang diinginkan, persiapan ini juga harus menjadi langkah awal untuk langkah-langkah selanjutnya, karena aku yakin, bahwa sukses itu direncanakan.

Oke, inilah persiapan yang akan aku lakukan dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer, semoga sukses, dan semoga lulus maksimal. Amin. Aku doakan juga kalian yang sama-sama SMA semoga dapet hasil yang kalian cita-citakan. Kita berusaha semampu kita dan finally, isi harimu dengan kegiatan yang canggih. -Daily Life Ricahyap