16 May 2016

Apa Penyebab Seseorang Sering Lupa?

Pernahkah kamu melupakan sesuatu, baik itu benda seperti kunci, pensil, balpoint, dan benda-benda lainnya? Sudah mencari kemana-mana, namun hasilnya tetap tidak ada. Kejadian seperti ini pastinya bisa bikin kesel, emosi, sampai stres.

Lupa merupakan penyakit, apalagi jika hal ini menimpa kepada yang sudah lanjut usia, bisa dibilang sih pikun. Namun jika penyakit ini menimpa kamu yang masih muda, pastinya jadi pertanyaan besar, kok bisa? Berikut saya telah merangkum beberapa penyebab seseorang sering lupa, juga cara untuk mengatasinya.

Apa Penyebab Seseorang Sering Lupa?

Kurang Tidur
Kurang tidur merupakan salah satu penyebab yang membuat ingatan kita sedikit kabur, karena dengan kurangnya mengistirahatkan tubuh berdampak pada kinerja otak yang tadinya optimal menjadi menurun drastis. Alright.

Akibat lainnya adalah hilangnya fokus, semangat, dan tidak bergairah dipagi hari. Oleh sebab dari pada dampak buruknya ini, diharapkan kamu lebih cepat tidur, maksimal tidur tepat di 22.00, sehingga pagi harinya fresh dan bangun lebih cepat.

Banyak Pikiran
Seperti halnya gelas yang penuh diisi air. Jika pikiran kita terlalu banyak memikirkan sesuatu sampai tidak bisa menampungnya dengan baik. Maka yang terjadi adalah bukan menambahnya informasi, namun hanya akan mengikis informasi yang ada.

Nah, itulah yang menyebabkan kita lupa akan sesuatu yang mudah, karena tertimpa hal yang lebih sulit. Karena itu, jangan bebani pikiran kamu dengan berbagai macam hal yang membuat berpikir keras.

Diet yang Berlebihan
Kebanyakan orang ingin mempunyai postur yang ideal layaknya artis di tv-tv. Mulai dari melakukan olahraga rutin, makanan bernutrisi, sampai diet yang menyiksa diri. Namun tahukah kamu? Diet yang berlebihan seperti hanya makan sayur atau buah-buahan saja tanpa menambah asupan yang lain. Sehingga apa yang akan terjadi?

Diet yang berlebihan bisa menyebabkan kurangnya vitamin yang penting dan gizi yang baik bagi tubuh, selain itu kekurangan vitamin dan nutrisi pun bisa menimbulkan hilangnya ingatan sementara, untuk itu dietlah yang teratur dan seimbang. Jangan sampai gara-gara ingin kurus malah napas terhembus.

Alkohol dan Narkoba
Pengaruh yang namanya alkohol dan narkoba sudah tidak harus saya jelaskan panjang lebar. Lebih lagi kamu pun sudah mengetahui dampak negatif yang akan membuat orang yang mengonsumsinya tidak sadar atas apa yang terjadi sebelumnya.

Selain itu fungsi otak akan melemah, karena sel dan jaringan pada otak dirusak oleh zat yang terkandung di dalam alkohol maupun narkoba itu sendiri, sehingga kinerja otak menjadi tidak berjalan dengan semestinya. Maka janganlah sekali-kali kamu menyentuh barang biadab yang satu ini. Sayangi diri dan kamu harus tahu bahwa sehat itu mahal.

Benturan pada kepala
Sesekali benturan pada kepala bisa berakibat fatal seperti hilangnya ingatan. Bukan hanya itu, terbenturnya kepala berkali-kali akan membuat kita sering lupa bahkan amnesia. Untuk itu hindarilah kegiatan yang membahayakan kepala, seperti bercanda yang berlebih dan hal-hal lain yang dapat membuat kita terbentur sesuatu.

Penyakit Alzheimer
Alzheimer adalah penyakit yang biasanya diderita oleh orang yang sudah lanjut usia. Penyakit ini lambat-laun menguras memori sehingga menghilangkan ingatan.

Orang yang mengidap penyakit alzheimer biasanya akan merasa mudah cemas, sensitif, dan kacau pikirannya. Selain itu, alzheimer akan membuat penderita menjadi gampang lelah karena berusaha mengingat apa yang terjadi dalam kehidupannya.

Masih berlanjut. Dimana ada penyakit disitu ada obat. Nah, sekarang bagaimana cara mengatasi itu semua? Berikut adalah cara mengatasi penyakit lupa:

Makan Makanan yang Sehat dan Bergizi
Kunci dari semuanya adalah kesehatan, kesehatan datangnya dari makanan yang baik. Maka konsumsilah makanan yang bergizi dan bernutrisi, supaya terciptanya pola hidup yang sehat. Jika nutrisi setiap hari sudah terpenuhi, maka kinerja otak pun akan maksimal, tubuh bugar, dan tidak akan banyak lupa.

Istirahat yang Cukup
Tuhan menciptakan siang untuk bekerja dan malam untuk istirahat, maka jangan banyak bergadang dan istirahatlah yang cukup, karena tubuh perlu istirahat selepas menjalankan aktivitas seharian.

Konsumsi Vitamin E
Vitamin E mampu meningkatkan kinerja otak. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin E seperti kacang-kacangan.

Olahraga yang Rutin
Tubuh butuh digerakan, maka berolahraga secara rutin merupakan salah satu cara efektif yang bisa memperlancar peredaran oksigen yang mengalir ke dalam otak.

Otak memerlukan oksigen yang cukup agar optimal fungsi dan kinerjanya. Dengan olahraga rutin dan teratur juga bisa membantu pertumbuhan sel-sel baru dalam otak.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Choline
Choline mampu meningkatkan daya ingat dan daya pikir. Konsumsilah makanan yang mengandung choline seperti hati ayam, telur, dan kedelai.

Milikilah Catatan
Jika kamu memang pelupa, maka kamu harus mempunyai catatan, catatan membantu kamu agar selalu ingat pada apa-apa yang sekiranya penting dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Meletakan Benda di Tempat yang Sama
Meletakkan benda pada tempat yang sama dapat membantu kamu menghindari penyakit lupa. Coba misalnya gantungkan kunci di tempat yang sama setelah memakai motor.

Asah Otak
Kamu bisa melatih otak dengan cara bermain game ataupun membaca buku. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan kinerja otak untuk mengingat apa yang dilihat, didengar, dan dilakukan.

Lupa memang mengganggu. Jika tidak segera ditemukan apa penyebabnya, maka akan sangat sulit untuk mengatasinya. Fokuslah dan cari solusi tepat yang memungkinkan kamu untuk bisa mengatasinya dengan baik.

1 comment: