31 May 2017

3 Menu Makan Sahur Sederhana Tapi Menyehatkan

Sahur merupakan salah satu rangkaian puasa. Mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Sebelum terbitnya fajar, imsak, lalu adzan subuh, disitulah waktunya untuk bersahur.

Bulan Ramadhan ini memang sangat mulia. Penuh rahmat dan ampunan. Bagi umat Islam sendiri, puasa merupakan sebuah ibadah yang sangat bernilai tinggi. Tidak hanya menahan lapar, dahaga, dan nafsu, juga diharuskan untuk selalu berbuat kebaikan. Indah sekali.

Kali ini saya akan memberikan daftar menu sahur yang sederhana, namun menyehatkan. Terutama bagi kamu yang sedang melaksanakan puasa di bulan suci Ramadhan, tentunya membutuhkan asupan gizi yang sehat dan sempurna. Berikut adalah menu sahur sederhana, namun menyehatkan versi Ricahyap.

Tahu dan Tempe
Meskipun makanan ini sangat sederhana dilihat dari kacamata siapapun, namun jangan salah, tahu merupakan makanan yang tinggi akan gizi. Begitupun dengan sahabat karibnya tempe.

tahu tempe
Tahu dan Tempe via http://restojambon.com
Makanan khas Indonesia banget ini, kalo dijadikan menu makan sahur, dapat dipastikan kamu orang Indonesia Banget. Kalo sudah tahu makanan ini sangat sehat, mengapa tidak untuk dijadikan menu pada saat sahur nanti. Cintailah makan-makanan Indonesia!

Capcay dulu coy
Terdengar mengada-ngada bukan? Tentu saja tidak. Bilamana gizi yang baik itu harus memenuhi diantaranya protein, kalsium, dan vitamin. Capcay sepertinya terdengar memiliki itu.

Kandungan pada sayur-sayuran, tinggi akan serat dan berguna untuk melancarkan metabolisme pencernaan dalam tubuh. Apalagi pada saat berpuasa, jika kita sulit untuk mencerna makanan, akan berdampak pada sakit perut dan mengganggu kekhusukan kita saat berpuasa.

capcay
Capcay via http://qudapan.blogspot.co.id
Pada capcay, setidaknya wajib adanya brokoli. Brokoli ini merupakan jenis sayuran peringkat pertama dalam jenis sayuran paling bergizi di dunia. Selain brokoli, pada capcay ada juga wortel, yang tinggi akan vitamin A. Uncheh banget kan?

Belum lagi sayur-sayuran lainnya yang tercampur dalam satu wadah yang diolah sehingga dinamakan capcay. Mungkin ini salah satu menu sahur yang paling saya rekomendasikan di bulan suci ramadhan kali ini.

Ayam bakar dan susu
Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata ayam? Bukankah semua orang di dunia ini sangat begitu tergila-gila sama yang namanya ayam, apalagi dibakar, biasanya kan digoreng, atau disayur.

Huweh. Meskipun ada beberapa orang yang tidak biasa memakan daging ayam karena alergi atau memang suatu hal. Sangat disayangkan ya mereka tidak bisa menikmati makanan luar biasa ini.

ayam
Ayam Bakar via http://www.reseptante.com
Selain sumber protein dan zat besi, ayam alias daging ayam ini memiliki vitamin dan lemak yang dibutuhkan tubuh dan tubuh kita butuh itu semua, ingat, asal kamu tau aja. Hidup ayam!

Adanya protein itu untuk membentuk jaringan baru, vitamin untuk sistem syaraf, zat besi untuk meningkatkan produksi sel darah, dan lemak tentunya untuk menambah energi. Keren banget kan si ayam ini?

susu
Susu via http://www.sinarharapan.co
Sebagai tambahan, minumlah susu setiap sahur agar menambah semangat, kalo bisa sih susu kambing, dan tahukah kamu? Susu sendiri yang kaya akan kalsium ini sangat berguna untuk pertumbuhan tulang kita. Pengen kan punya tulang kuat? Makanya minum susu. Ini bukan iklan ya. Wkwk

Menurut beberapa pakar per-susuan, susu kambing lebih kaya kalsium dan mudah dicerna dibanding susu sapi. Bahkan orang yang alergi terhadap susu sapi pun bisa meminum susu kambing sebagai alternatif. Tentu saja keduanya sama-sama susu dan baik untuk diminum. So, are you ready for get healthy every day?

No comments:

Post a Comment