1 June 2017

Penanaman Nilai-nilai Pancasila Melalui Seni dan Budaya

pancasila
Pancasila via https://jabarnews.com

Tepat pada tanggal 1 Juni 2017 hari ini, diperingati sebagai hari pancasila. Sekolah pun diliburkan. Namun pemerintah mendorong diadakannya kegiatan yang di dalamnya memuat nilai-nilai pancasila.

Era modern sekarang ini memang seharusnya bangsa kita lebih cinta akan ideologi bangsanya sendiri. Bukan untuk pajangan, namun sebagai landasan tentu harus terealisasikan dengan baik.

Tadi pagi saya menghadiri seminar Pancasila oleh Dr. Hj. Chusna Arifah M.Pd.I. yang menekankan bahwa, di era globalisasi sekarang ini, sebagai bangsa yang mempunyai sejarah, harus memiliki kekuatan penuh dalam menghadapi dunia yang karut marut dipenuhi dengan berbagai macam polemik.

Menurutnya, upaya-upaya yang harus dilakukan untuk mewujudkan ideologi bangsa dan cita-citanya ini adalah dengan menghilangkan budaya negatif dalam diri kita, memiliki komitmen yang tinggi dalam mencapai tujuan, selalu menjunjung tinggi kebersamaan, dan loyal terhadap bangsanya sendiri, guna membangun bangsa yang lebih maju dan disegani.

"Banyak sekali nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila yang harus ditanamkan, yang mana semua warga negara Indonesia harus bahkan wajib memiliki sifat-sifat yang ada pada pancasila, diantara nilai-nilai itu ialah nilai ketaqwaan, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan, dan keadilan." Pungkasnya dalam acara seminar Pancasila di Pondok Pesantren Darussalam Ciamis.

Berkaitan dengan judul di atas, dalam menanamkan nilai kepancasilaan pada setiap orang tentu bukan hal yang gampang dilakukan. Oleh karena itu perlu adanya suatu cara untuk memfasilitasi agar pancasila bisa masuk dengan mudah kepada setiap orang, khusunya yang tinggal dan menetap sebagai warga negara Indonesia. Salah satu cara itu adalah dengan seni dan kebudayaan lokal.

Cak Imin, Ketua Umum PKB lewat wawancaranya dengan salah satu media mengatakan bahwa penanaman nilai-nilai pancasila tidak harus dilakukan dengan cara tekstual atau monolog, melainkan dengan cara dialog.

Beliau mengatakan, sebagai bentuk penanaman nilai-nilai pancasila bisa dilakukan melalui kesenian dan budaya. Karena seni sebagai karya, yang mampu menyentuh bukan hanya pikiran tapi hati.

Efektifnya, dengan seni akan membuat anak muda, khususnya remaja, terdorong untuk mengenal lebih jauh arti dari pancasila. Seni yang menarik dan asik tentunya akan membuat para pemuda lebih mudah untuk diarahkan supaya cinta negerinya juga mengenal ideologi bangsanya.

Pada dasarnya menanamkan nilai-nilai pancasila bisa melalui apa saja, tidak hanya dengan seni atau budaya saja. Melalui pendidikan di sekolah pun memang harus sudah diterapkan bagaimana mengaplikasikan nilai-nilai pancasila dalam menjalani keseharian dan bergaul dengan sesama. Sehingga, dengan demikian akan tercipta bangsa yang luhur dan sebagai bangsa yang berpancasila.

Selamat hari pancasila sodara, sudahkan kita jadi orang Indonesia?

No comments:

Post a Comment