20 July 2017

Plastik

Para ilmuan di Amerika telah menghitung jumlah plastik yang pernah dibuat manusia dan jumlahnya kini mencapai 8,3 miliar ton.

Plastik memang telah diproduksi sejak tahun 1950an yang pada saat itu penggunaan plastik sangatlah efisien. Selain mudah diproduksi, dengan biaya produksinya yang relatif rendah alias murah, mudah digunakan, dan bersih, plastik juga ternyata sangat kebal ancaman alam, karena sulit terurai oleh tanah.

Sehingga tidak ayal jika plastik ini terus kemudian diproduksi sampai sekarang.

Jika produksi ini tetap dilanjutkan, diperkirakan pada tahun 2050an angka tersebut akan meningkat hingga 13 miliar ton.

Penggunaan yang berlebihan dan cara membuangnya yang salah, membuat plastik ini betah berada di bumi.

Menurut yang saya baca di BBC, bahwa jumlah 8,3 miliar ton berat plastik itu jika digambarkan, sama beratnya dengan 25.000 bangunan Empire State Buildings di New York, atau sekitar sekian juta gajah hidup.

Tidak akan saya sebutkan dampak apa saja yang bisa ditimbulkan dari plastik ini, karena memang tidak akan berdampak apa-apa jika plastik berada pada tempatnya. Kemasan misalnya, bersih dan tidak berbahaya. Tapi kalau sudah jadi sampah, disitulah letak mengerikannya.

Sederhana saja, coba kamu kumpulkan seluruh plastik yang ada di dunia ini, dari timur sampai ke barat, kemudian letakan di satu tempat.

Dapat dipastikan bentuknya hampir menyerupai bumi. Itulah kenyataannya, jika tidak ada langkah tepat dari manusianya sendiri yang membuat bahan kuat melebihi baja ini, maka dunia akan menangis tersedu-sedu, sejadi-jadinya. Mending kalau cuma menangis (hujan), bagaimana kalau goyang dumang, atau batuk?

Jadi, apakah kamu rela bumi kita jadi planet plastik?

2 comments:

  1. Wow. Nominal angka yg menakjubkan. Kebayang kalau jadi sampah semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bisa diantisipasi, selama kita peduli :)

      Delete